Kamis, 21 November 2013

Aku, Kamu Dan Hujan



Dulu, di saat kanak-kanak, aku amat menyukai hujan..
karena di saat itu luapan-luapan kegembiraan terpancar dari wajah-wajah kecil kami yang menikmati setiap tetes air nya.
karena di kala itu, kaki-kaki kecil kami bisa berlarian menembus genangan air yang tak ubah nya seperti arena bermain.

Namun dulu, di saat remaja, aku mulai membenci hujan..
Yaa, karena di saat itu, semua rencana-rencana yang telah ada, bisa gagal berantakan.
karena di kala itu, langkah-langkah kaki terhenti tanpa tujuan pasti.

Tapi kini, aku bahkan mencintai hujan..
karena di saat itu ada rahmat dan karunia yang luar biasa yang Allah ta'ala turunkan pada kita manusia.
karena di kala itu, ada kesempatan emas untuk bisa memohon, meminta, bahkan mengemis pada NYA.

Yaa, saat ini aku mulai memahami betapa hujan menjadi anugerah yang luar biasa untuk manusia.
Karena Di dalam nya ada waktu yang di muliakan, dimana untaian doa insyaAllah di ijabah Allah ta'ala.
Yaa, saat ini aku mulai sadar bahwa tatkala turunnya hujan, ada banyak keberkahan untuk bumi yang mulai kering dan gersang.
Dan Yaa, saat ini aku tak pernah lagi membenci hujan,
karena aku yakin, akan ada sesuatu yang tak terduga di balik hadirnya hujan.

Ibnu Qudamah dalam Al Mughni[7] mengatakan, “Dianjurkan untuk berdo’a ketika turunnya hujan, sebagaimana diriwayatkan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

اُطْلُبُوا اسْتِجَابَةَ الدُّعَاءِ عِنْدَ ثَلَاثٍ : عِنْدَ الْتِقَاءِ الْجُيُوشِ ، وَإِقَامَةِ الصَّلَاةِ ، وَنُزُولِ الْغَيْثِ

“Carilah do’a yang mustajab pada tiga keadaan : [1] Bertemunya dua pasukan, [2] Menjelang shalat dilaksanakan, dan [3] Saat hujan turun.”

Begitu juga terdapat hadits dari Sahl bin Sa’d, beliau berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

ثِنْتَانِ مَا تُرَدَّانِ الدُّعَاءُ عِنْدَ النِّدَاءِ وَ تَحْتَ المَطَرِ
“Dua do’a yang tidak akan ditolak: [1] do’a ketika adzan dan [2] do’a ketika ketika turunnya hujan.“

Segala puji bagi Allah, yang menganugerahkan kita satu karunia luar biasa dengan menurunkan hujan melalui kumpulan awan :)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar